Manfaat Medical Check Up Featured

Ditulis Oleh | Senin, 30 September 2019 07:14 | Dibaca : 20 Kali | Terakhir Diperbaharui : Senin, 30 September 2019 08:53
Manfaat Medical Cek Up Manfaat Medical Cek Up

Pemeriksaan kesehatan rutin sama pentingnya dengan kesehatan dan kesejahteraan umum Anda.


Yang harus kita lakukan hanyalah mengunjungi dokter secara teratur setiap beberapa bulan sekali dan setiap masalah kesehatan yang mungkin dapat dideteksi dan diobati dengan tepat. Beberapa manfaat dari pemeriksaan kesehatan rutin adalah :

  1. Pencegahan

Seperti pepatah lama mengatakan: “Pencegahan lebih baik daripada mengobati”. Pemeriksaan kesehatan secara teratur dapat mendiagnosis penyakit serius yang potensial sejak dini sebelum mereka menjadi masalah medis yang parah. Pada saat yang sama kita juga bisa mendapatkan nasihat kesehatan umum yang baik dari dokter dan menyadari beberapa gejala potensial dan tanda-tanda peringatan yang harus kita waspadai.

  1. Masalah-masalah yang terkait dengan stres

Saat ini banyak kasus-kasus medis yang dihadapi dokter berhubungan dengan tingkat stres kita. Peningkatan tingkat stres dapat menyebabkan banyak masalah mental dan fisik yang parah seperti tekanan darah tinggi dan hipertensi, gangguan mental, masalah berat badan, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, diabetes, depresi, masalah pencernaan, dan asma.

Pemeriksaan kesehatan rutin dapat mendiagnosis masalah ini sebelum menjadi parah dan penyedia layanan kesehatan dapat membantu Anda mengelola dan memerangi penyakit yang berhubungan dengan stres secara efektif.

  1. Tes darah

Ketika seseorang mengunjungi dokter untuk pemeriksaan medis rutin mereka juga dapat meminta tes darah untuk menghilangkan ancaman dari banyak penyakit dan kondisi yang berhubungan dengan darah yang dimanifestasikan dalam aliran darah seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, kanker, HIV / AIDS, anemia, penyakit jantung koroner, dan banyak lagi. Tes darah juga dapat membantu dokter untuk mengevaluasi seberapa baik organ — seperti ginjal, hati, tiroid, dan jantung — bekerja.

  1. Pencegahan lebih baik daripada mengobati

Kita sering tidak pergi ke dokter karena tekanan keuangan dan waktu dan cenderung tidak mempertimbangkan implikasi biaya penyakit serius. Banyak kondisi medis yang serius dapat didiagnosis selama pemeriksaan medis secara rutin dan kemudian dirawat dan dikelola dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada meninggalkan kondisi yang tidak terdiagnosis sampai menjadi lebih parah dan kemudian biaya sedikit untuk mengobati.

Jadi, semua pemeriksaan medis rutin masuk akal, tidak hanya dari sudut pandang kesehatan tetapi juga dari segi keuangan. Buatlah jadwal setidaknya dua kali setahun – mudah untuk menabung sedikit uang setiap bulan untuk menutup biaya konsultasi dan tes – dan dengan demikian memastikan bahwa tidak ada yang serius yang akan mengejutkan Anda di masa depan.

Itulah manfaat medical check-up. Yuk, mulai sekarang jadwalkan untuk melakukan check-up di kalender Anda, Teman Sehat!

sumber : doktersehat.com

Oktalina V Purba

Staff Puskesmas Penfui_Pranata Lab.Kes

puskpnf.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.