SERENTAK HARI INI PEMBERIAN IMUNISASI MR

Ditulis Oleh | Selasa, 31 Juli 2018 14:49 | Dibaca : 41 Kali | Terakhir Diperbaharui : Rabu, 01 Agustus 2018 04:41
Imunisasi MR SDI Nasipanaf Imunisasi MR SDI Nasipanaf

Kampanye Imunisasi MR (Measles/Campak & Rubella/Campak Jerman)  mulai familiar di mata dan telinga kita. Pemerintah melalui berbagai media yang dapat menjangkau pengetahuan masyarakat luas pun mulai digerakkan. Melalui semua channel televisi pemerintah mengajak semua warganya untuk sadar imunisasi dan mengkampanyekan imunisasi MR untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas generasi penerus bangsa Indonesia.


Indonesia telah berkomitmen untuk mecapai eliminasi campak dan pengendalian rubella (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. Pelaksanaan imunisasi massal MR (Measles Rubella) dibagi dalam 2 fase yaitu fase pertama dilaksanakan di tahun 2017 di seluruh Pulau Jawa dan fase kedua dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2018 untuk luar Pulau Jawa termasuk NTT.

Pada hari ini, tanggal 1 Agustus 2018, pencanangan Kampanye MR Kota Kupang bertempat di SMPK St.Theresia yang dibuka resmi oleh Bapak Walikota Kupang, sedangkan untuk Puskesmas Penfui melaksakanakan pemberian  imunisasi  MR di SDI Nasipanaf, Kelurahan Penfui. Petugas  kesehatan yang turun adalah Kepala Puskesmas Penfui bapak Jermias D. Ledoh S.KM dan petugas kesehatan lainnya yaitu dr. Arna Heo, Agnes P  Sengaji, Maria Beribe, Anastasia Dora, Melsi Ndun, Lili Muhammad, Anastasia Lazar, Maria Luangkali, Fransiska Anu, Junita Kristine, Detiany B. Lede, Godlief Manaha, dan Atika Lein, dimana kegiatan ini didampingi oleh petugas kelurahan dan petugas kecamatan.  Imunisasi MR akan dilaksaksanakan di Sekolah-sekolah yang sudah terjadwal.

Menurut Penanggungjawab program Imunisasi, ibu Melsy Ndun bahwa  imunisasi MR ini merupakan program nasional yang dicanangkan tahun ini diluar pulau jawa termasuk NTT. Imunisasi MR akan menjangkau sasaran Semua anak umur 9 bulan hingga usia kurang dari 15 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Artinya apakah anak sudah atau belum mendapatkan imunisasi sejenis sebelumnya, semuanya berhak mendapat  imunisasi MR ini. “Jadi, sasarannya adalah anak-anak dan remaja. Khusus untuk remaja, kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk disosialisasikan di sekolah-sekolah ( SD dan SMP ),” ujarnya.

Pemberian imunisasi MR ini dilatarbelakangi lebih dari setengah juta anak di dunia meninggal karena komplikasi penyakit campak pada tahun 2000. Hal ini diperkuat oleh tenaga Promosi Kesehatan Puskesmas Penfui, Junita Kristine, disela penyuluhan massal di sekolah, bahwa imunisasi MR merupakan tindakan tepat untuk mencegah dua penyakit sekaligus yaitu campak dan rubela dikarenakan penyakit campak dan rubella menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk, bahkan kematian. Selain kegiatan imunisasi, petugas juga memberikan obat cacing, mengingat bulan Agustus merupakan bulan pemberian obat cacing di sekolah ( SD ).

Demikian informasi ini, mengingat begitu  pentingnya program pemerintah ini untuk masa depan anak cucu kita yang sehat dan berkualitas, dihimbau untuk mensukseskan program  imunisasi MR ini, mohon bagi semua  orang tua untuk membantu mensuport anak-anak kita.

Bagi orang tua yang memiliki buah hati dalam rentang usia tersebut diatas dan belum terakses dengan fasilitas Program kampanye imunisasi MR ini segera berkoordinasi dengan kader setempat atau fasilitas kesehatan setempat.

 

 

Oktalina V Purba

Staff Puskesmas Penfui_Pranata Lab.Kes

puskpnf.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.