Junita I.Kristine

Junita I.Kristine

Pengelola Website Resmi Puskesmas Penfui, Tenaga Promosi Kesehatan

Website URL: http://puskpnf.dinkes-kotakupang.web.id   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

12 Kebaikan lemak yang perlu kita ketahui

Rabu, 25 September 2019 00:28

Kebanyakan orang menghindari lemak, mungkin karena dalam benak banyak orang lemak berpengaruh buruk untuk kesehatan terlebih sebagai faktor risiko penyebab penyakit tidak menular. Tapi setelah membaca info berikut apakah kita masih takut pada lemak?

Ketika menjalani pola diet, salah satu asupan yang dihindari adalah lemak. Lemak yang berlebih dinilai bisa meningkatkan berat badan. Namun, jangan salah. Kandungan lemak baik jenuh maupun tak jenuh justru punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari The Daily Meal (16/7) berikut 12 manfaat sehat lemak :

1. Tambah daya konsentrasi

    Ketika Anda merasa tidak bisa berkonsentrasi dengan baik, bisa jadi Anda kekurangan asupan lemak. Bahkan seorang ahli saraf menyarankan untuk konsumsi asupan lemak untuk meningkatkan kesehatan otak. Karena lemak mengandung omega-3 dan omega-6s. Asupan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kacang atau alpukat.

2. Menjaga Sistem Reproduksi

    Keseimbangan hormon baik pada laki-laki maupun pada wanita bisa dijaga dengan mengonsumsi asupan lemak. Kandungan estrogen dan testosteron pada lemak dipercaya bisa memproduksi hormon seks. Hal tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Justru orang yang kekurangan asupan lemak bisa mengalami infertilitas atau kemandulan.

3. Menurunkan Kolesterol

    Kekurangan lemak baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut disebutkan oleh The Heart Foundation sebuah yayasan jantung. Menurutnya asupan lemak sehat bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah Anda. Untuk mendapatkan khasiat tersebut disarankan untuk mengonsumsi telur agar dapat membantu meningkatkan kolesterol ketika dimakan dalam jumlah wajar.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan lemak terutama lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih lanjut penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa asupan lemak baik dapat didapatkan dari minyak zaitun.

5. Mencegah Kanker

    Asupan lemak dipercaya bisa mencegah penyakit mematikan ini. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa asupan lemak makanan yang lebih tinggi dipercaya bisa mencegah kanker prostat khususnya pada pria. Sedangkan pada perempuan diyakini bisa mencegah kanker payudara.

6. Menyehatkan Kulit

    Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya adalah dengan makan asupan lemak pada makanan. Lemak tak jenuh disebut-sebut bisa mencegah keriput dan menjaga kulit Anda agar tetap cerah, begitupun dengan lemak jenuh. Jika asupan kedua lemak terpenuhi dengan otomatis sel-sel kulit lama yang sudah mati bisa tergantikan dengan yang baru.

7. Mencegah Depresi

Menurut beberapa penelitian, lemak makanan ternyata juga bisa menangkal depresi. Lemak terdapat senyawa kimia seperti serotonin dan dopamin yang keduanya bisa mengubah kimia otak seseorang yang mengalami depresi.

8. Mencegah Diabetes

    Mengkonsumsi karbohidrat bersama nutrisi lain seperti seperti protein dan lemak sudah banyak direkomendasikan oleh banyak orang dan ahli gizi sekalipun. Menurutnya makanan yang mengandung lemak sehat dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat mempertahankan kontrol gula darah yang lebih baik, karena antara sensitivitas insulin dan kontrol gula darah adalah komponen kunci dalam pencegahan diabetes.

9. Mengurangi Peradangan

    Peradangan akan jadi bahaya jika sudah kronis sehingga memicu timbulnya penyakit mematikan seperti kanker. Pola makan yang buruk adalah salah satu penyebabnya. Namun, ada beberapa makanan yang berperan sebagai anti inflamasi yang mana dapat melawan reaksi dari peradangan. Studi telah membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh memiliki kadar inflamasi yang lebih rendah dalam darah mereka.

10. Memperlancar Metabolisme

     Orang yang kekurangan asupan lemak bisa membuat metabolisme dalam tubuh menjadi tidak lancar. Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA menunjukkan bahwa diet rendah lemak menyebabkan penurunan terbesar dalam tingkat metabolisme. Untuk menjaga metabolisme tubuh pastikan untuk menghindari minuman beralkohol dan makanan rendah nutrisi penting sehingga tidak bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup.

11. Makanan Terasa Lebih Enak

     Sebuah studi menunjukkan bahwa tubuh akan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan. Selain itu ketika menikmati makanan dipercaya baik untuk kesehatan mental dan dapat membantu Anda makan dengan lebih hati-hati agar selaras dengan isyarat rasa lapar. Oleh karena itu fakta menyebutkan lemak pada makanan seperti mentega dan minyak bisa membuat makan terasa lebih enak.

12. Lemak baik untuk jantung

Beberapa makanan fast food memang diketahui tidak baik untuk kesehatan jantung, tetapi kandungan lemak pada makanan tersebut bisa sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, lemak yang dimaksud adalah lemak sehat seperti lemak jenuh. Untuk itu para ahli merekomendasikan untuk meningkatkan asupan lemak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun dan alpukat daripada yang terdapat pada mentega dan produk hewani, karena dinilai jauh lebih sehat untuk jantung.

 

Sumber : detikfood.com

Tenaga kesehatan Puskesmas Penfui memberikan dan membagi-bagikan Tablet Tambah Darah (TTD) kepada para siswi SMP Angkasa Kupang, Rabu (14/2/2018). Pemberian TTD dilaksanakan dalam rangka menurunkan angka prevalensi anemia pada remaja putri dan meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh sebagai bekal mempersiapkan generasi yang sehat, berkualitas dan produktif.

Setiap tahun dilaporkan lebih dari 11.000 kasus diduga campak, dan hasil konfirmasi laboratorium menunjukkan 12–39% di antaranya adalah campak pasti (lab confirmed) sedangkan 16–43% adalah campak jerman pasti. Pada tahun 2013 di Indonesia diperkirakan terdapat 2.767 kasus CRS.

Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Program ini didukung oleh program sektoral lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera.

Pellentesque varius mi tempor, varius leo quis, cursus sapien. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Nullam nec vestibulum lorem, eget consequat leo. Maecenas sed lectus at justo cursus interdum at id odio. Sed tincidunt ligula non erat molestie, non lobortis mauris cursus. Integer euismod blandit vehicula. Etiam posuere quis orci ac pretium.

Maecenas interdum, quam quis tristique lobortis, lacus ante tempus nisl, et convallis sapien tortor vitae ligula. Integer porttitor malesuada tempus. Suspendisse sodales sapien lorem, congue bibendum ipsum efficitur vitae. In ac ultricies nisi, sed tempus est. Ut nec risus sit amet magna ultricies maximus at ac odio. Sed eu consequat orci. Fusce magna enim, molestie sit amet nisi non, porta feugiat sapien. In ullamcorper interdum dictum

Nunc sit amet justo porttitor leo auctor semper non at metus. Pellentesque sollicitudin quis est in pharetra. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Pellentesque at magna et arcu lacinia accumsan. Fusce scelerisque nulla et dolor finibus venenatis. Duis sodales felis malesuada dolor elementum sollicitudin. Maecenas leo tellus, suscipit sed arcu id, dapibus iaculis metus. Quisque vel congue ligula, quis ornare nibh. Sed molestie ante eget sollicitudin porta.

Nam convallis enim vel arcu condimentum, nec semper lectus pulvinar. Ut accumsan libero ut augue vulputate, non ultrices turpis fermentum. Donec lorem urna, iaculis eu eleifend sed, blandit pulvinar ipsum. Vivamus vitae sapien at velit efficitur ultricies. Nam ac tristique dui. Donec luctus, tellus eu facilisis fringilla, lectus libero cursus ipsum, at malesuada nibh purus non lectus. Nam eget fermentum tortor. Ut ullamcorper ornare tellus a venenatis. Duis vel ligula augue. Duis pulvinar placerat orci, eget consectetur sem pulvinar quis. Vestibulum ut quam suscipit, fringilla eros at, consectetur urna. Morbi eu metus mollis, interdum diam vel, venenatis nisi. Vestibulum eleifend lobortis mauris ut elementum. Morbi tristique risus tellus.

Detroit — Members of the Chaldean-Christian community gathered in front of the Patrick V. McNamara Federal Building on June 16 to protest more than 100 Iraqi-American immigrants being rounded up and detained by federal immigration authorities.

David Tencer of Reykjavik last week consecrated a new wooden church building, a gift from the Slovak Catholic Church. The church is a tribute to Bishop Tencer, who is a Capuchin Franciscan and a native of Slovakia.

Halaman 1 dari 2